Pages

Subscribe:

Labels

Rabu, 09 Oktober 2013

Pengalaman Pribadi Dalam Mengembangkan Sistem Informasi

Nama : Joko Firmantoro
Kelas  : 3IA07
Npm   : 53411850


                Disini saya akan menceritakan pengalam pertama saya dalam mengembangkan sistem informasi di saat saya duduk di bangku sekolah menengah kejuruan (smk) tingkat 2. Saya melakukan kegiatan mengembangkan sistem informasi ini pada saat saya pkl (Praktek Kerja Lapangan) di sebuah universitas swasta. Pada hari pertama saya pkl saya langsung di tugaskan untuk memilah data tentang mahasiswa dengan mengelompokannya berdasarkan tahunnan dia kuliahnya, kemudian di input ke dalam komputer untuk di masukkan ke dalam data base server . keesokan harinya saya mulai di tugaskan di salah satu lab yang di gunakan untuk praktek  lab perkuliahan saya bertugas sebagai asisten lab. Tugas saya di sana yaitu mengamati sistem jaringan yang di gunakan pada lab tersebut ,
pada saat itu sistem jaringan yang di gunakan yaitu server  yang berbasis mikrotik. Pada saat itu saya kurang mengerti apa yang di masud mikrotik kemudian kaka pembimbing di sana membiritahukan mengenai mikrotik ini adalah router os yang fungsi atau kegunaannya banyak sekali. Kenapa menggunakan mikrotik ? karena mikrotik memiliki firewall yang lebih kuat atau susah untuk di hack dari luar, mempunyai sistem yaitu proxy yang  berguna untuk memfilter web-web tertentu (memblokir web-web yang berbau pornografi dan sara), menggabungkan 2 ip yang berbeda antar lab, serta masih banyak kegunaan yang lainnya.

                Setelah 2 minggu saya pkl saya di suruh memindahkan komputer dari lantai 1 ke lab di lantai 3 ,saya dan kakak pembimbing serta di bantu oleh satpam mulai mengangkut komputer-komputer itu. Saya heran ini komputer mau di apain saya tanya saja ke kakak pembimbingnya kata dia kita akan nuker kompi di lab utama sama kompi di lab 2 karena kompi pc di lab 2 specknya lebih bagus. Setelah selesai saya pun di minta untuk menginstal satu per satu client pc itu, karena speck yang sudah lumayan bagus kita upgrade osnya yang tadinya menggunakan os windows xp di upgrade menjadi os windows 7. Karena baru pasti ada kendala-kendala yang terjadi pernah waktu itu ada mahasiswa yang komplain karena kompinya tidak terhubung ke internet saya langsung di tugaskan untuk memeriksanya . saya periksa saja apa yang salah dan ternyata problemnya ada pada port rj 45 yang terdapat pada komputer itu tidak berfungsi solusinya langsung kita pasa saja lan card pada client tersebut. biasanya pada jam istirahat mahasiswa pada datang ke lab untuk sekedar main internet, mencari informasi,atau mengerjakan tugas di lab utama ini ,suatu saat client yang di gunakan sudah penuh dan ada mahasiswa lagi datang ingin menggunakan internet  otomatis sudah tidak bisa karena sudahdi pakai semua pc clientnya lalu kakak pembimbing saya memikirkan untuk mengembangkan jaringan komputer menjadi jaringan berbasis hotspot wifi seperti yang di cafe-cafe gtu lalu di beli lah router wireless dan saya di suruh untuk menyetingnya dengan bantuan kakak pembimbing. Sekarang walapun pc client mahasiswa yang ingin menggunakan internet cukup dengan membuka laptopnya atau gagetnya lalu sambungkan ke hotspot yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar