Pages

Subscribe:

Labels

Rabu, 29 April 2015

Ringkasan Artikel Seminar



Nama  : Joko Firmantoro
NPM   : 53411850
Kelas   : 4IA07

Nama Seminar : Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI 2011)
Narasumber : Putu Sudiarta
Tanggal seminar : 20 September  2011
Tempat seminar : Singaraja-Bali

Seminar tersebut membahas tentang mada depan pembelajaran electronik (e learning) dalam era cloud computing, sosial, dan mobile. Istilah e learning 2.0 digunakan untuk merujuk kepada cara pandang baru terhadap pembelajaran elektronik yang terinpirasi oleh munculnya teknologi web 2.0. biasanya peran siswa dalam pembelajaran terdiri dari mempelajari materi dan mempersiapkan tugas kemudian tugas di evaluasi oleh guru. Dalam sistem ini lebih menekankan pada pembelajaran yang bersifat sosial dan pemakaian perangkat lunak sosial seperti blog, wiki dan lain-lain.

                Cloud computing adalah era pertama yang di bahas pada seminar ini yang merupakan gabungan dari teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Contoh yang sederhananya yaitu email yang tersedia dalam bentuk web mail salah satunya adalah gmail. banyak perusahaan lain bermunculan selain microsoft dan google yang menyediakan layanan cloud sebagai pengganti atau penyempurna aplikasi destop hari ini seperti zoho.com yang menyediakan jasa office suit online, overnote dengan layanan catatan onlinenya  dan rememberthemilk.com untuk manajemen tugas online. cloud computing sepertinya akan membuat teknologi menjadi sangat mudah di mata user dan menjadikannya sesederhana mungkin.

                Selanjutnya pembahasan mengenai mobile dan sosial, jika berbicara tentang sosial dan mobile tidak lain lagi yaitu sosial media, contohnya yang sering di gunakan oleh masyarakat luas yaitu facebook, wikipedia, youtube dan lai-lain. Menurut antony myfield dari iCrossing media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa yang saling membagi ide.berkerja sama,berkolaborasi untuk menciptakan sebuah kreasi. Pembelajaran dengan cara sosial di katakan pembelajaran yang sangat efektif teori ini datang dari sebuah studi oleh Dr.Richard j bahwa siswa yang belajar dalam kelompok bahkan hanya sekali dalam seminggu , lebih terlibat dalam studi mereka, lebih siap untuk kelas, dan belajar secara signifikan lebih dari siswa yang belajar sendiri.

Komentar saya :
Setelah membaca tulisan seminar ini menurut saya sudah baik dan tujuan serta tulisannya pun mudah untuk saya pahami. Kelebihan dari tulisan ini adalah informasi yang di sajikan cukup lengkap dan  menjelaskan tentang metode pembelajaran yang baik dan dapat kita contohkan di kehidupan sehari-hari. Kekurangannya menurut saya tidak adanya  contoh dampak positif dan negatif pada sistem pembelajaran pada tiap era kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar