Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 06 November 2012

Wikipedia


Wikipedia adalah encyclopedia di internet, dimana siapapun bisa mengubah dan menambahkan informasi di sana. Wikipedia mengklaim bahwa artikel dan ilmu pengetahuan pada web mereka berada pada posisi netral. Sangat menakjubkan bahwa Jumlah pengunjung pada situs ini mencapai 2,5 milyar per bulan.



Anda akan mempelajari segala sesuatu yang perlu Anda ketahui untuk mengambil keuntungan dari ensiklopedia-dan semua sumber daya yang luar biasa Wikipedia Wikipedia. Tips menunjukkan cara pintas dan solusi Perhatian membantu Anda menghindari umum perangkap Catatan yang memberikan informasi tambahan Plain English menjelaskan istilah-istilah baru dan definisi 10 menit adalah semua yang Anda butuhkan untuk belajar bagaimana & Menelusuri situs Wikipedia dan menemukan kemampuan terbaru Gunakan Wikipedia untuk cepat, penelitian efisien Verifikasi informasi Wikipedia dan memeriksa referensi Edit, memperbaiki, meningkatkan, dan mendiskusikan ada Wikipedia artikel artikel Wikipedia Tulis baru, dan menambahkan gambar dan media kepada mereka Cari definisi kata dalam Wiktionary dan kutipan di Wikiquote Wikimedia Commons Unduh foto Anda dapat dengan bebas menggunakan kembali Baca dan mengedit buku teks bebas dengan Link Wikibooks konten Wikipedia di situs Anda sendiri Berpartisipasi dalam komunitas Wikipedia

Siapakah yang membuat wikipedia?
Larry Sanger, dan Jim Wales, adalah dua orang yang mendirikan Wikipedia pada bulan Januari 2001. Wikipedia merupakan cabang resmi dari Nupedia, yaitu sebuah encyclopedia yang mempunyai label lebih formal.
Pada saat Sekarang Wales memegang penuh atas wikipedia, Karena Sanger meninggalkannya pada tahun 2002, Sanger adalah seorang profesor/dosen pada sebuah perguruan tinggi di Ohio.
Beberapa nama seperti Jeremy Rosenfeld, Benjamin Kovitz, Seth Cohen, mereka berperan sebagai staf teknik
Kenyataannya bahwa sang moderator dengan terbuka mengakui bahwa mereka memang pro terhadap Yhudi.

Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat. Banyak orang yang menggunakan Wikipedia ini untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah.
Wikipedia berawal sebagai proyek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas daring yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia . Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.
  1. Wikipedia bukanlah tempat beriklan. Janganlah mengiklankan produk atau kelompok tertentu di Wikipedia. Pengguna diperbolehkan menaruh pranala (link) di artikel yang membicarakan produk atau kelompok tertentu, asal tidak berlebihan. Bersikap netral dan jangan menulis artikel dengan terlalu berlebihan (hiperbola/berbunga-bunga) atau menjelekkan produk lain.
  2. Wikipedia bukanlah situs blog. Jangan menaruh jurnal harian pribadi Anda di Wikipedia
  3. Wikipedia bukanlah tempat menanyakan jawaban dari tugas Anda. Janganlah menanyakan bagaimana jawaban dari tugas Anda seperti cara membuat program komputer dan tugas sekolah. Kerjakan tugas Anda sendiri.
  4. Wikipedia bukanlah tempat berdakwah Kami di Wikipedia sangat menjunjung kebebasan beragama dan beribadah. Oleh karena itu, cobalah menghormati pula kebebasan orang lain untuk menganut kepercayaannya. Jika ingin menulis sebuah artikel yang berkaitan dengan agama, cobalah bersikap netral Jangan mengatakan agama yang Anda percayai adalah yang terbaik. Jangan pula mengatakan agama orang lain tidak baik. Taatilah untuk tidak menghujat atau mendiskreditkan golongan lain. Tetapi jangan juga mengolok-olok golongannya sendiri.
  5. Wikipedia bukanlah papan tempel tempat menaruh pesan. Tulislah artikel yang berarti bukan cuma pesan-pesan yang ngawur. Jika ingin mencoba-coba, gunakan wikipedia bank pasir
  6. Wikipedia bukanlah tempat obrolan atau forum. Wikipedia bukan tempat untuk mengobrol atau chatting, halaman diskusi tidak dimaksudkan untuk itu.
  7. Wikipedia bukanlah forum politik. Kami di Wikipedia menjunjung tinggi hak bebas berpendapat, tetapi sebuah ensiklopedia harus bersifat netral dan informatif, bukan persuasif.
  8. Wikipedia bukanlah surat pembaca/opini. Karena Wikipedia bukan tempat obrolan/forum, jangan tulis keluhan/opini anda disini.
  9. Wikipedia bukanlah tempat menaruh data. Perangkat keras Wikipedia terbatas jumlahnya, sehingga sebaiknya sumber-sumber yang tersedia dijaga sebaik-baiknya.
  10. Wikipedia bukanlah tempat temu penggemar (fan page). Wikipedia adalah ensiklopedia serius, jadi hindari menulis artikel yang muluk-muluk tentang idola Anda, terutama artis-artis ternama.
 Sumber:
Micjael Miller(2009),Sams Teach Yourself Wikipedia in 10 Minutes,Washington dc:penerbit Pearson Education


0 komentar:

Posting Komentar